Monday 23 January 2017

Angin dan gelombang

Hasil gambar untuk ship and anchor tumblr

Tahukah bahwa yang membuat hidup lebih menarik adalah kemungkinan bahwa mimpi-mimpi itu akan tercapai sewaktu-waktu? Bahwa di luar sana ada kesempatan, ada kebetulan, ada keberuntungan yang selalu menunggumu untuk berpapasan dan membantumu meraih harapan-harapan itu. Bahwa tiap kerja keras yang kamu lakukan, bahwa malam-malam tanpa tidur yang kamu lewati akan membawamu pada satu tujuan yang sudah kamu tetapkan dulu. Tidak ada satu hal di dunia ini yang sia-sia. Akan selalu ada hadiah bagi mereka yang tak kenal lelah. Akan selalu ada buah manis bagi mereka yang tak putus asa. Jangan berhenti hanya karena kerikil-kerikil kecil dan tatapan meremehkan mereka.
Tentukan jalanmu sendiri, jangan pedulikan cemo'ohan mereka. Kamulah yang berperang, kamulah yang berjuang. Kedua kakimulah yang melangkah, kedua tanganmulah yang bekerja. Mereka tidak tahu apa-apa. Orang-orang itu, -keluarga, sahabat, rekan-rekanmu-, mereka hanya membantu, berdoa untukmu, berteriak memberi semangat padamu. Mungkin benar kamu bukan apa-apa tanpa bantuan dan dukungan mereka. Tapi tanpa adanya semangat dari dalam diri, dukungan itu sama sekali tak berarti. Mereka adalah layar dan angin, sementara kamu adalah nahkoda. Kamulah yang menentukan kemana kapalmu berlabuh. Kamulah yang tahu kondisi angin dan gelombang. Kamulah yang menyelamatkan dirimu sendiri saat badai menerjang.
Seseorang pernah bilang padaku, "Got going with your life no matter what capacity, if it's a bit of a struggle you just gotta fight and just stay positive. You don't really, you know, sit on your ass and feel sorry for yourself". Memang benar, ketika di tengah jalan kamu gagal dan terjatuh, tak ada gunanya menyesali dan merasa seolah dunia runtuh. Selalu ada kesempatan kedua, selalu ada waktu untuk mereka yang kembali bangkit dan terus mencoba. Akan selalu ada hasil indah bagi mereka yang terus berusaha. Semesta sebaik itu.

No comments:

Post a Comment